Pages

Invited

Translate

Followers

Search Your Need

Sunday, August 19, 2012

Matematika itu Menyenangkan



OLEH: Drs. RUSMAN, M.Pd
Matematika adalah pelajaran tentang kuantitas dan relasi melalui penggunaan bilangan dan symbol, demikian sebagaimana termuat dalam The World Book Encyclopedia. Matematika merupakan salah satu bidang studi yang wajib diberikan kepada anak di Lembaga Sekolah, di samping bidang studi yang lain.
Sebenarnya Matematika telah lama ada walaupun semula bentuknya sederhana. Materi yang tercakup dalam Matematika meliputi: Ilmu Hitung, Aljabar, Geometri, Trigonometri, Geometri Analitika, Kalkulus, Probabilitas dan Statistika. Dengan berbagai rincian tersebut, maka tampak begitu pentingnya Matematika sebagai pendukung berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).
Menurut prediksi penulis, bahwa rendahnya nilai Matematika, salah satu penyebabnya adalah rendahnya daya tarik siswa terhadap bidang studi Matematika. Anggapan yang terjadi pada kehidupan masyarakat juga hampir sama, bahkan Matematika itu pelajaran yang sulit dan membingungkan.
Terutama dalam menyelesaikan soal-soal perkalian atau soal-soal yang dalam penyelesaiannya membutuhkan perkalian. Merosotnya nilai Matematika perlu dicari faktor penyebabnya.
Penyebab-penyebab itu bisa timbul dari murid juga dari guru selaku pendidik. Faktor-faktor itu antara lain: Mungkin kemampuan (daya pikir) murid memang lemah/terbatas. Mungkin guru tidak melatih menemukan konsep tetapi hanya menerapkan rumus-rumus yang ada pada buku sumber. Mungkin guru tidak pernah menggunakan benda-benda konkrit untuk menerangkan (sebagai alat peraga) pada tingkatan tertentu. Mungkin tidak adanya kesinambungan guru yang mengajar, karena diterapkan sistem guru kelas sehingga guru konsentrasinya terpecah pada semua mata pelajaran.
Sebagai akibatnya adalah pelajaran matematika terabaikan. Beberapa kemunghkinan bisa terjadi: Mungkin guru terlena dengan permainan trik-trik perkalian khusus dari pada menyelesaikan perkalian yang bersifat umum/standart. Maksudnya supaya murid cepat mengerti, tetapi yang terjadi kadang kala justru sebaliknya: Pikiran murid melayang karena kebingungan.
Yang lebih membingungkan lagi, kadang kala antara hasil dari cara khusus dan hasil dari cara umum/standart berlainan (tidak sama). Sebelum murid diberikan materi perkalian maka hendaknya materi penjumlahan sebagai dasar perkalian telah dikuasai anak terlebih dahulu.
Dalam kesempatan akan berkonsentrasi pada salah satu bahasan, yakni menaksir hasil operasi hitung. Topik ini merupakan bahan pelajaran di sekolah dasar. Meskipun nampaknya sederhana, namun ternyata tidak semua siswa dengan mudah bisa menangkap maksudnya.
Sebenarnya matematika sebagai suatu ilmu pengetahuan dan sebagai bahan pelajaran di sekolah senantiasa berkembang dari waktu ke waktu. Banyak cara atau rumus yang dulu diperkenalkan kepada siswa (khalayak), tiba-tiba saja berubah karena adanya penemuan baru.
Contoh yang paling jelas dan mudah adalah penerapan cara perkalian untuk siswa sekolah dasar. Seperti telah dimengerti bahwa perkalian pada dasarnya adalah merupakan penjumlahan berulang. Suatu misal 4 x 8 = 32. kalau ditulis dalam bentuk panjang 8 + 8 + 8 + 8 = 32. Sedangkan arti kata khusus bersifat special atau tidak berlaku untuk umum.
Jadi, yang dimaksud Perkalian Khusus di sini adalah perkalian yang hanya mengikut sertakan bilangan/angka-angka tertentu. Jadi tidak semua bilangan bisa diterapkan pada cara khusus ini. Keunggulan dari perkalian khusus ini lebih singkat/pendek jika dibandingkan dengan sistem perkalian umum/standart. 
Sebagaimana lazimnya suatu penemuan/pendapat harus diuji lebih lanjut, untuk mengetahui sejauh mana kebenaran dan kegunaannya dapat diterima. Adapun teknik baru yang kami maksud adalah perkalian tiga angka dikalikan tiga angka.
Contoh : 234 x 567 = ………..
2 3 4
x x x
5 6 7 x
10 18 28
Langkah I:
4 x 7 = 28 Langsung ditulis 28
3 x 6 = 18 Langsung ditulis 18
2 x 5 = 10 Langsung ditulis 10
2 3 4
5 6 7 X
10 18 28
2 7 4 5
Langkah II :
(3 x 7) + (4 x 6) = 21 + 24 = 45
Langsung ditulis 45.
(2 x 6) + (5 x 3) = 12 + 15 = 27
Langsung ditulis 27.
2 3 4
x
    5 6 7 x
  10 18 28
2 7 4 5 Langkah III :
3 4 (2 x 7) + (5 x 4) = 14 + 20 = 34
Langsung ditulis 34 di bawah angka 74.
2 3 4
5 6 7 x
10 18 28 Setelah kegiatan-kegiatan dari langkah I sampai dengan langkah III selesai
2 7 4 5 dilaksanakan, maka hasil yang diperoleh dari perkalian tersebut dijumlahkan.
3 4 + Jadi hasil perkalian 234 x 567 adalah 132678.
1 3 2 6 7 8
Kita bandingkan dengan cara standart
234 x 567 = ….
2 3 4
5 6 7 x
16 3 8
140 4
1170 +
1326 7 8
Ternyata hasil perkalian 234 x 567 dengan cara baru dan cara standart hasilnya sama, yaitu 132 567 (seratus tiga puluh dua ribu lima ratus enam puluh tujuh).
Dengan adanya dua versi contoh perkalian umum di atas sekarang dapat kami simpulkan, bahwa baik cara lama atau cara baru ada beberapa kesamaan, yaitu:
- Berlaku untuk semua bilangan
- Mudah dan praktis (tidak terlalu njlimet)
- Ekonomis tempat
Sedangkan perbedaannya, cara umum yang lama mempergunakan teknik menyimpan, sedangkan cara umum yang baru selama mengalikan tidak menggunakan teknik menyimpan.
Hingga saat ini penulis sering mendengar keluh dari masyarakat bahwa anak-anak kita masih kurang trampil berhitung. Mengingat hal itu, penulis menganggap kurang bijaksana kiranya apabila perhatian dan tenaga serta pikiran anak-anak, kita belokkan kepada cara-cara perkalian yang hanya bersifat khusus/berlaku secara terbatas. Akan jauh lebih baik apabila anak-anak kita memusatkan seluruh tenaganya kepada satu cara/cara standart yang sangat efektif dan berlaku untuk umum. 
Dengan cara membatasi diri kepada satu cara yang standart tersebut dapat diharapkan anak-anak kita akan mencapai ketampilan berhitung yang memuaskan. Pada hemat penulis, apabila ada guru yang ingin memperkenalkan cara-cara khusus, maka sebaiknya ia membatasi hal itu sebagai bahan pengajaran bagi siswa/siswi tertentu. Tertentu maksudnya, siswa yang pandai dan sudah menguasai teknik perkalian standart.

0 comments:

Post a Comment